Sabtu, 17 Maret 2018

Candid





Candid /adjective/ honest, especially about something that is unpleasant or embarassing

___________________________________________

Begitu yang kutemukan dalam kamus Cambridge pagi ini yang sengaja kubuka untuk mencari arti candid.

Sebab tetiba saja aku ingin menunjukkan padamu sesuatu yang jujur tentangmu padamu yang mungkin tidak akan kamu sukai, yang akan selalu kamu sangkal, padahal itu jauh lebih bagus dibanding apapun yang kerap kamu ceritakan di sela - sela makan siang kita.

Kamu selalu bilang, kamu masih harus menjalani beberapa perawatan lagi sampai akhirnya kulitmu mencerah beberapa tingkat, syukur - syukur bisa seputih artis yang wara wiri saban hari di televisi.

Padahal aku lebih suka saat melihatmu berpanas panas ria di pinggir pantai yang mengakibatkan kulitmu menjadi sedikit berwarna, yang dimataku itu nampak indah sekali

Kamu selalu berusaha melihat keluar tanpa kamu ketahui bahwa apa yang ada di dirimu lebih indah dari yang sering tersebar di lembar majalah mode, sayang kamu tidak mau jujur. Kamu selalu menyangkal.

Kini, pagi ini saat kamu belum terbangun aku hanya ingin memberitahumu kamu sejujurnya lebih cantik apa adanya, dengan kulit kecoklatan akibat main air di pantai, seperti dulu saat aku baru bertemu denganmu

Tapi yang ada di hadapanku sekarang lebih jujur lagi, yang baru saja aku ketahui saat aku menikahimu. Tidurmu dengan mulut terbuka dan terkadang mengeluarkan liur dan jatuh sepanjang pipimu, asem tapi membuatku makin cinta.

Aku mengambil ponselku lalu kubuka kamera

CEKREK!

Ini kejujuranmu yang kusadari bahwa hidupku sungguh manis, dengan manusia cantik yang kunikahi, bukan seorang yang berpura - pura.

Sayang, sudahlah, berhentilah perawatan, yang begini sudah amat cantik bagiku.

(Nina Savitri , 2018)

*Salah satu karya tulis yang di submit dalam acara 30 hari bercerita di instagram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar